Minggu, 16 Juli 2017

Membuat SKCK untuk keperluan VISA



Assalamualaykum wr.wb

Pada kesempatan ini saya ingin sharing terkait pembuatan SKCK (Surat keterangan catatan kepolisian), mungkin udah banyak yang nulis tentang ini, waktu saya mau mengurus SKCK pun saya baca beberapa blog, tapi sayang ada hal yang berbeda. Bisa jadi hal tersebut karena cepatnya perubahan aturan atau mekanisme dalam pengurusan. Nah, pada kesempatan ini saya ingin coba berbagi pengalaman saya mengurus SKCK untuk keperluan pembuatan visa dengan tujuan studi.

Jadi sekarang SKCK itu sudah bisa di akses online dan disana sudah jelas banget kalau kita mau urus apa tujuannya kemana coba cek : https://skck.polri.go.id/
Misal mau ngelamar ojek online, kita bisa request ke Polsek ataupun Polres, atau untuk keperluan beasiswa dalam negeri itu bisa ke Polda, nah untuk pembuatan Visa disana diarahkan ke Mabes Polri.

Sebelum berangkat ke Mabes Polri yang kantornya ada di Jalan Trunojoyo Jakarta Selatan, saya mengisi form online terlebih dahulu di website, dimana ketika kita berhasil mengisi formulir kita akan dapat tiket yang nanti dapat langsung disetor ke divisi pengurusan SKCK Mabes Polri dengan melampirkan persyaratan yang diminta seperti : Foto 4 X 6, Kartu Keluarga, Passport, Ijazah atau Akte lahir ditambah dengan rumus sidik jari (baca selengkapnya di https://skck.polri.go.id/). Lampiran yang asli tentunya akan dikembalikan kembali kecuali pas foto.

Nah sebenarnya catatan yang mau saya garis bawahi adalah terkait rumus sidik jari, sewaktu saya mengisi form online saya mengosongkan rumus sidik jari saya dengan asumsi bahwa setiba di Mabes saya dapat mengambil rumus tersebut disana, tapi saya juga dibayangi pikiran jika tidak dibolehkan dan harus mengambil di Polsek daerah kita tinggal, ribet juga bolak balik Jakarta-Jogja. Yasudah karena waktu mepet akhirnya saya coba langsung datang ke Mabes Polri. Asumsi saya benar, saya dibolehkan untuk mengambil rumus sidik jari di Kantor INAFIS Mabes Polri dengan memberikan pas foto 4 X 6.

Setelah mendapatkan rumus sidik jari, saya melampirkan fotokopi 1 rangkap dari semua dokumen tadi : rumus sidik jari, kartu kelurga, passport, dan akte lahir. Semua fotokopi tersebut di submit ke bagian administrasinya, nanti akan ditanya sudah mengisi form atau belum, kalau sudah online bilang saja sudah online. Saya berhasil submit jam 2 siang, jam 5 sore saya sudah berhasil mengambil SKCK untuk keperluan pembuatan Visa.

Saran saya biar aman semua persyaratan yang dibutuhkan sudah kita siapkan semua. Misalnya, rumus sidik jari tentu kita sudah mengetahuinya di Polsek atau Polres sehingga di form online, kita bisa mengisi data terkait sidik jari tersebut. Ketika semua persyaratan kita lengkap tentu kita lebih tenang untuk mengurusnya di Mabes Polri dan tentu saja akan lebih cepat selesainya.

Begitulah sedikit sharing pengalaman pembuatan SKCK untuk keperluan Visa.
Semoga bermanfaat.

*Saya mengurus Visa pada tanggal 6 Juli 2017 

6 komentar:

  1. Jadi pengurusan skck untuk visa bisa di bikin online ya walaupun ktp domisili bukan di jakarta?
    Apa tidak perlu surat pengantar rt dsb nya lagi?

    BalasHapus
  2. Hallo Fajar, aku mau tanya. kamu k mabes aja langsung? tanpa surat rekomendasi dari polsek polres dan polda? mohon pencerahannya? trmksh

    BalasHapus
  3. Hallo Fajar, aku mau tanya. kamu k mabes aja langsung? tanpa surat rekomendasi dari polsek polres dan polda? mohon pencerahannya? trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab, perlu surat rekomendasi dr polsek mba

      Hapus
  4. kak.. maaf banget baru balas :(
    waktu itu saya langsung saja k MABES POLRI. krna emng urus VISA SKCK keluaran mabes POLRI

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti tidak menggunakan surat pengantar ya? terimaksih

      Hapus